Pages

Sunday 8 December 2013

Daftar 7 Pemain Termahal di Musim 2013/2014

Inilah Daftar 7 Pemain Termahal di Bursa Transfer Musim Panas 2013/2014 - Bursa transfer musim panas 2013/2014 sudah resmi ditutup. Tak sedikit klub yang mengeluarkan dana besar untuk memboyong pemain baru.

Bursa transfer musim panas tahun 2013 dibuka sejak 1 Juli dan berakhir pada 2 September lalu. Selama 64 hari itu, beberapa transfer besar dilakukan oleh beberapa klub. Sebut saja Real Madrid yang memecahkan rekor transfer dunia saat mendatangkan Gareth Bale dari Tottenham Hotspur.

Sementara itu, Barcelona memang cuma mendatangkan satu pemain di bursa transfer musim panas ini, yaitu Neymar. Namun dana yang dikeluarkan juga tak bisa dibilang sedikit.

Dari Prancis, Paris Saint-Germain masih menjadi klub yang jor-joran dalam belanja. Tak sedikit dana yang mereka keluarkan untuk memboyong Edinson Cavani dari Napoli. Mereka juga mendapat 'saingan' dari AS Monaco yang juga menggelontorkan dana besar untuk Radamel Falcao.

Di Liga Primer Inggris, Manchester City juga sibuk di bursa transfer dengan belanja banyak pemain. Fernandinho menjadi pemain paling mahal yang mereka datangkan.

Berikut adalah Daftar Tujuh pemain termahal yang ditransfer di jendela transfer musim panas tahun 2013:

1. Gareth Bale (100 juta euro)
Transfer Gareth Bale dari Tottenham Hotspur ke Real Madrid menjadi highlight di bursa transfer musim panas ini. Betapa tidak, saga transfer pemain asal Wales itu berlangsung cukup lama hingga sehari sehari bursa ditutup.

Pada tanggal 1 September, Madrid dan Spurs akhirnya mengumumkan transfer Bale. Pemain 24 tahun itu diikat dengan kontrak yang berdurasi enam tahun.

Tak disebutkan berapa dana yang harus dikeluarkan oleh Madrid untuk memboyong Pemain Terbaik Liga Primer Inggris musim 2012/2013 itu. Namun Los Blancos diyakini memecahkan rekor transfer untuk mendatangkan Bale dengan menggelontorkan dana hingga 100 juta euro.

Hadirnya Bale di Santiago Bernabeu membuat Madrid memiliki dua pemain paling mahal di dunia saat ini. Sebelumnya, Los Merengues juga juga memecahkan rekor transfer ketika memboyong Ronaldo dari Manchester United pada tahun 2009.

2. Edinson Cavani (64,5 juta euro)
Seperti di bursa transfer sebelumnya, Paris Saint-Germain kembali melakukan belanja besar untuk memperkuat skuatnya. Kali ini Edinson Cavani menjadi pemain yang mereka datangkan dengan dana yang tidak sedikit.

Cavani diboyong dari Napoli setelah PSG setuju untuk mengaktifkan klausul buy out si pemain yang senilai 64,5 juta euro. Striker asal Uruguay itu sepakat untuk menandatangani kontrak selama lima tahun dengan PSG.

Harga mahal Cavani tak lepas dari ketajaman yang ditunjukkan oleh Cavani selama berseragam Napoli. Di musim 2012/2013 lalu, dia melesakkan 29 gol di Seri A--jumlah yang menempatkannya sebagai top skorer.

3. Radamel Falcao (60 juta euro)
Transfer Radamel Falcao dari Atletico Madrid ke AS Monaco menjadi salah satu transfer besar di bursa musim panas ini. Penyerang asal Kolombia itu didatangkan dengan dana mencapai 60 juta euro.

Falcao memang merupakan salah satu stiker yang paling tajam. Saat masih membela FC Porto, dia mencetak 72 gol dari 87 laga bersama klub asal Portugal itu.

Bersama Atletico, dia juga masih tetap tajam. Di La Liga musim 2012/2013 lalu, striker 27 tahun itu mencetak 28 gol dan menempati posisi tiga daftar pencetak gol terbanyak di bawan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Besarnya dana yang dikeluarkan oleh Monaco untuk Falcao itu tak lepas dari ambisi pemilik baruya yang seorang pengusaha kaya asal Rusia, Dmitry Rybolovlev. Selain mendatangkan Falcao, mereka juga merekrut James Rodriguez dan Joao Moutinho dari Porto.

4. Neymar (57 juta euro)
Neymar menjadi satu-satunya rekrutan baru Barcelona di bursa transfer musim panas ini. Kendati demikian, harga yang harus dibayar Barca kepada Santos tak bisa dibilang kecil.

Barca mengeluarkan dana sebesar 57 juta euro untuk memboyong Neymar ke Camp Nou. Pemain asal Brasil itu diikat dengan kontrak berdurasi lima tahun.

Dalam kontrak Neymar juga terdapat klausul buyout yang mencapai 190 juta euro. Di Barca, pemain 21 tahun itu akan mendapat gaji sebesar tujuh juta euro per musim.

5. Mesut Oezil (50 juta euro)
Transfer Mesut Oezil dari Real Madrid ke Arsenal menjadi 'kejutan' yang terjadi di hari terakhir bursa transfer musim panas ini. Klub asal London itu mengeluarkan dana hingga 50 juta euro (42,4 juta poundsterling) untuk memboyong pemain internasional Jerman itu.

Nilai itu merupakan rekor transfer baru untuk Arsenal. Sebelumnya, rekrutan termahal The Gunners adalah Andrey Arshavin yang didatangkan dari Zenit St. Petersburg dengan nilai transfer 15 juta poundsterling pada tahun 2009.

Oezil sepakat untuk menandatangani kontrak berdurasi lima tahun dengan Arsenal. Pemain 24 tahun itu akan mengenakan kostum dengan nomor punggung 11.

6. James Rodriguez (45 juta euro)
James Rodriguez menjadi pemain lain yang didatangkan AS Monaco dengan dana besar. Pemain berkebangsaan Kolombia itu digaet dari FC Porto dengan nilai transfer sebesar 45 juta euro.

Nilai itu sekaligus menjadikan Rodriguez sebagai penjualan termahal Porto. Bersama Porto sejak tahun 2010, dia memenangi Liga Portugal selama tiga musim berturut-turut (2010/2011-2012/2013) serta Liga Europa di musim 2010/2011.

Di Monaco, Rodriguez diikat dengan kontrak yang berdurasi lima tahun. Dia dikabarkan mendapat gaji yang berkisar di antara 5-8 juta euro per musim.

7. Fernandinho (40 juta euro)
Fernandinho merupakan rekrutan pertama Manchester City di bursa transfer musim panas ini. Pemain asal Brasil itu didatangkan dari klub Ukraina, Shakhtar Donetsk.

City mengeluarkan dana sebesar 40 juta euro untuk Fernandinho dan mengikatnya dengan kontrak berdurasi empat tahun. Dengan usia 28 tahun, Fernandinho menjadi pemain tertua di jajaran 10 besar transfer termahal di bursa musim panas ini.

Fernandinho memperkuat Shakhtar sejak tahun 2005. Delapan musim bermain di Shakhtar, dia merebut 14 trofi, termasuk enam titel Liga Primer Ukraina dan Piala UEFA 2009.

No comments:

Post a Comment